Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEREDUKSI PERILAKU MEROKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
Kata kunci : Layanan Bimbingan kelompok dan Perilaku Merokok
Rumusan masalah unruk mengetahui bagaimana peran layanan bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku merokok pada peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan indikasi perilaku merokok, untuk mengetahui perilaku merokok peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 dan Untuk mengetahui ada tidaknya peranan bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku merokok peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang.
Populasi peniltian peserta didik laki- laki kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang, terdiri dari 3 kelas dengan 144 peserta didik dan mengambil sampel sebanyak 21 peserta didik. Metode pengumpulan data adalah angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi persentase, korelasi product moment, dan Alpha Cronbach. Sebelumnya instrument diuji menggunakan uji validasi dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun pelajaran 2013/2014 di kategorikan baik. Tingkat Perilaku Merokok peserta didik di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 di kategorikan cukup. Hasil analisis korelasi kedua variabel dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh r_xy sebesar 0,383. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada r_(tabel ) dengan jumlah responden (N) = 30 taraf signifikasi 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,383 > 0,361. Simpulannya adalah Adanya peran bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku merokok peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian yang penulis laksanakan, bahwa layanan bimbingan kelompok dapat membantu peserta didik dalam menyikapi perilaku merokok dilingkungan sekolah. Peran layanan bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku merokok bagi peserta didik hendaknya lebih diperhatikan dalam hal ini adalah dampak negatif dari perilaku mengkonsumsi rokok supaya dapat mencegah atau mengurangi perilaku merokok agar tidak menjadi kebiasaan atau ketergantungan.
11105001470 | SUG p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain