Skripsi
PENGARUH POLA ASUH ISLAMI TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Pola Asuh Islami, Kepribadian Religius
Pola asuh Islami memiliki pengaruh terhadap pembentukan kepribadian religius. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pola asuh Islami yang diberikan, bagaimana kepribadian religius yang dimiliki, dan Apakah ada pengaruh yang signifikan tingkat pola asuh Islami terhadap pembentukan kepribadian religius Peserta Didik Di Kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pola asuh islami dengan kepribadian religius. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal yang berjumlah 116 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah pola asuh Islami (variabel bebas) dan kepribadian religius (variabel terikat). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis korelasi PPM.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pola asuh Islami pada peserta didik kelas XI di SMA Al-Irsyad Kota Tegal tergolong tinggi, terbukti dari hasil perhitungan deskriptif presentasi tertinggi sebesar 33.34% berada pada kriteria tinggi. Dan pembentukan kepribadian religius pada peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal tergolong tinggi, terbukti dari hasil perhitungan deskriptif presentasi tertinggi sebesar 26,67% berada pada kriteria cukup. Diperoleh analisis korelasi atau rhitung sebesar 0,407 yang kemudian di konsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sample N=30 adalah 0,361. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh Islami terhadap pembentukan kepribadian religius pada peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan kepribadian religiusnya dan dari pihak orang tua untuk meningkatkan dalam memberikan pola asuh Islami kepada peserta didik sehingga dapat mencapai kepribadian religius yang maksimal pada peserta didik..
11105000110 | AHM p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain