Skripsi
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Kemampuan Interpersonal
Kemampuan interpersonal sangat penting dikuasai oleh setiap peserta didik di sekolah, karena dalam kehidupan sosialnya kemampuan interpersonal merupakan suatu yang dibutuhkan. Peserta didik kelas VII SMP N 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebagian besar berasal dari berbagai latar belakang sosial ekonomi yang berbeda di sekolah tersebut, terdapat peserta didik yang mengeluh merasa bingung dengan identitas mereka, kurang percaya diri, menjadi pemalu, menarik diri, memisahkan diri dari orang lain atau putus hubungan dengan kata lain tidak menerima dirinya. Adapun solusi yang tepat adalah dengan menerapkan layanan konseling kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kemampuan interpersonal peserta didik kelas tujuh. Dengan jumlah sampel 10% dari jumlah populasi yaitu 361 sehingga sampel penelitian sebanyak 36. Variabelnya adalah layanan konseling kelompok (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan kemampuan interpersonal (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis statistik korelasi
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy sebesar 0, 444 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 36 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,329, maka dalam penelitian ini hasilnya yaitu rxy> rtabel atau 0,444> 0,329 yang berarti hipotesis nol (Ho) yang berbunyi “Tidak ada Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan Interpersonal Peserta Didik kelas VII SMP N 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015”dinyatakan ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan Interpersonal Peserta Didik kelas VII SMP N 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015” dinyatakan diterima.
Saran Kepada Sekolah yaitu Memberikan kontribusi kepada pimpinan atau kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan berbagai layanan bimbingan dan konseling terutama layanan konseling kelompok agar pemberiannya dimaksimalkan. Saran Kepada Guru yaitu Guru khususnya Guru BK mampu mengaplikasikan berbagai layanan bimbingan dan konseling Pola 17+ khususnya layanan konseling kelompok dalam setiap penanganan berbagai permasalahan.
01110500010 | AGU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain