Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 3 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Belajar menggunakan Pendekatan Behavioristik
Dan Kemandirian Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana layanan bimbingan belajar menggunakan pendekatan behavioristik, bagaimana kemandirian belajar pada peserta didik, bagaimana pengaruh layanan bimbingan belajar menggunakan pendekatan behavioristik terhadap kemandirian belajar pada peserta didik? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh layanan bimbingan belajar menggunakan pendekatan behavioristik, kemandirian belajar pada peserta didik, ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan belajar menggunakan pendekatan behavioristik terhadap kemandirian belajar pada peserta didik Kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014?
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Pemalang Tahun 2013/2014 yang berjumlah 200 peserta didik, pengambilan sampel sejumlah 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah layanan bimbingan belajar menggunakan pendekatan behavioristik (variabel bebas) dan kemandirian belajar (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh nilai rxy = 0,679. hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 40 taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.679>0.312. dengan analisa data tersebut, ini berarti “Ada pengaruh yang signifikan antara Layanan Bimbingan Belajar Menggunakan Pendekatan Behavioristik Terhadap Kemandirian Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 “.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat pengaruh layanan bimbingan belajar menggunakan pendekatan behavioristik terhadap kemandirian belajar pada peserta didik. Saran hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru BK supaya memberikan Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Menggunakan Pendekatan Behavirostik secara periodic, maka pelaksanaannya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi konstribusinya adalah 67,9% sedangkan 32,1% dipengaruhi factor lain.
11125002120 | DEN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain