Skripsi
PERAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Bimbingan kelompok dan Perencanaan Karir
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan karir peserta didik?Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik? Dan Bagaimana peran bimbingan Kelompok terhadap perencanaan karir pada peserta didik kelas XI SMA N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana perencanaan karir peserta didik?Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik? Dan Bagaimana peran bimbingan Kelompok terhadap perencanaan karir pada peserta didik kelas XI SMA N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Bulakamba Tahun 2014/2015 yang berjumlah 200 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah bimbingan kelompok (variabel bebas) dan perencanaan karier (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh nilai rxy = 0,841. hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 40 taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.841>0.312. dengan analisa data tersebut, ini berarti Hipotesis Nihil (Ho) yang berbunyi “ Tidak ada pengaruh yang signifikan Peran Bimbingan Kelompok terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014”. Dinyatakan ditolak dan sebaliknya Hipotesis Alternatif (Ha) “Ada pengaruh yang signifikan Peran Bimbingan Kelompok terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 “ dinyatakan diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap perencanaan karir pada peserta didik. Saran bagi guru selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam perubahan tingkah laku, maka pelaksanaannya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi konstribusinya adalah 84,1% sedangkan 16,9% dipengaruhi faktor lain.
11105000310 | BAM p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain