Skripsi
TEKNIK PENYUTRADARAAN KARYA NUR SIDIK BERDASARKAN NASKAH MONOLOG“TOLONG” KARYA NANO RIANTIARNO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA DI SMA
Kata Kunci : Teknik Penyutradaraan, Monolog, dan Implikasi Pembelajaran.
Dalam penelitian ini ada beberapa permasalahan, yaitu, bagaimanakah penggunaan teknik penyutradaraan dalam drama monolog "Tolong" karya Nano Riantiarno dan kemungkinanan nakah tersebut dijadikan sebagai materi pembelajaran drama di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan teknik penyutradaraan monolog dan mengimplikasikan hasil penelitian ini sebagai materi pembelajaran drama di SMA.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang objektif dan mempergunakan analisis data. Pendekatan objektif memungkinkan hasil analisis data benar-benar objektif terhadap teknik-teknik penyutradaraan, sedangkan teknik analisis data berfungsi untuk menganalisis teknik-teknik penyutradaraan untuk mendapatkan gambaran yang jelas dalam laporan penelitian ini.
Hasil analisis data yang diperoleh kemudian dikaitkan dengan kemungkinan drama tersebut sebagai materi pembelajaran di SMA. Hasil penelitiannya ialah setelah menguasai semua teknik penyutradaraan dalam bermain drama maka seorang sutradara dengan lancar menyutradarai sebuah pementasan dengan baik. Teknik penyutradaraan dalam sebuah pementasan mencakup berbagai hal yang kajiannya meliputi perencanaan produksi pementasan, pembinaan calon aktor dan mementaskan.
Teknik penyutradaraan dikaji untuk mengetahui gambaran seorang sutradara dalam sebuah seni teater dengan menguasai teknik bermain drama. Pemilihan materi untuk bahan pembelajaran drama khusunya monolog di SMA meliputi aspek penjelajahan atau penjajakan, intepretasi dan rekreasi.
Disimpulkan bahwa dengan menguasai teknik penyutradaraan maka seorang sutradara dapat menyutradarai dengan baik dan dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra terutama pada drama.
15095012750 | NUR t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain