Penelitian
Pengaruh Penerapan metode Role Playing ( Bermain Peran) Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Mata Kuliah Speaking pada Mahasiswa Semester Tiga Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pancasakti Tegal
Mahasiswa semester 3 Jurusan PBI FKIP UPS Tegal mempunyai kesulitan dalam mengikuti Mata Kuliah Bahasa Inggris, terutama dalam aspek berbicara. Oleh karena itu, digunakan teknik role-playing untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara, dalam hal penggunaan ungkapan meminta, memberi, dan menolak atau mengingkari pendapat. Metoda penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan pada 25 mahasiswa semester 3 Jurusan PBI FKIP UPS Tegal. Pengumpulan data menggunakan tabel observasi dan test. Pengumpulan data juga dilengkapi dengan tes penampilan mahasiswa bermain peran dengan menggunakan rubrik penilaian. Hasil analisis data menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa berbicara pada siklus pertama, kedua, dan ketiga. Pada siklus pertama hasil kemampuan rata-rata mahasiswa berbicara adalah rendah, hanya mencapai 54.08. Meningkat menjadi 63.08 pada siklus kedua. Dan menunjukan peningkatan pada siklus ketiga menjadi 70.40. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa menggunakan teknik role-playing dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa berbicara dalam Bahasa Inggris.
Kata kunci : Kemampuan berbicara, teknik role-playing, dan siklus
7622015PEN | 420 ROF p C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain