Skripsi
ANALISIS GAYA KALIMAT BUKU 7 KEAJAIBAN REZEKI KARYA IPPHO SANTOSA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : Gaya Kalimat, Buku dan Implikasi Pembelajaran
Dalam penelitian ini dibahas tentang stilistika dengan objek kajian gaya kalimat. Buku adalah sebuah media penyambung ilmu yang efektif bagi pembacanya. Setiap penulis dalam menuliskan buku atau menciptakan karya sastra menggunakan gaya bahasa atau gaya kalimat yang berbeda-beda dengan tujuan agar karya sastra yang diciptakan dapat menarik dan diterima oleh pembaca atau penikmat sastra. Berdasarkan hal itu, peneliti memilih buku 7 Keajaiban Rezeki Karya Ippho Santosa untuk dikaji dari segi penggunaan gaya kalimatnya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apa sajakah gaya kalimat yang digunakan dalam buku 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa. (2) Bagaimanakah implikasi gaya kalimat 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsi gaya kalimat 7 Keajaiban Rezeki Karya Ippho Santosa. (2) Mendeskripsi implikasi gaya kalimat 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Sumber dalam penelitian ini berasal dari buku 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa yang diterbitkan pada 2010 dan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan pengumpulan data pustaka dan teknik baca-catat. Teknik pustaka adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengambil teori yang terdapat dalam buku-buku sumber yang sesuai dengan bidang kajian yang diteliti sedangkan teknik baca-catat adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan diambil dari membaca sumber data kemudian dicatat dan dianalisis.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan gaya kalimat buku 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa yaitu. (1) Gaya kalimat inversi. (2) Gaya kalimat panjang. (3). Gaya kalimat pendek. Implikasi pembelajaran dalam penelitian ini adalah berdasarkan uraian indikator pencapaian kompetensi siswa maka siswa diharapkan dapat menyampaikan tentang gaya kalimat inversi, kalimat panjang, dan kalimat pendek pada buku.
15105001150 | SAN a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain