Skripsi
PERANAN PKN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA DI SMA MA’ARIF NU JATINEGARA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Pendidikan sebagai citra diri merupakan hasil yang terkait dengan investasi masa depan. Dengan pendidikan, nilai diri akan terangkat sebagai kondisi akan lebih baik dari kondisi yang lain. Jika mempunyai bekal pendidikan yang baik, hal tersebut dapat menjadikan yang lebih dalam berbagai aspek, misalnya pengetahuan akan lebih baik, kecerdasan lebih baik, nilai sikap dan keterampilan juga lebih baik dari yang lainnya. Ini merupakan suatu bentuk pertanggung jawaban untuk masa depan yang lebih baik.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa di SMA MA’ARIF Jatinegara. 2. Untuk mengetahui moral siswa, setelah mengikuti pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA MA'ARIF Jatinegara 3. Untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran PKn memiliki peran dalam pembentukan moral siswa.
Pendekatan penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan prosedur sampel acak sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa sebanyak sebelas orang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pembelajaran PKn di SMA MA’ARIF NU Jatinegara sudah cukup berjalan dengan baik. 2. Moral siswa setelah mengikuti pembelajaran PKn sudah ada perubahan sikap moral. 3. Pentingnya pembelajaran PKn memiliki peran dalam pembentukan moral.
Disarankan: 1. Sekolah diharapkan dapat menerapkan, membudayakan dan mengembangkan nilai-nilai kedisiplinan moral di lingkungan sekolah. 2. Guru diharapkan mampu mengarahkan, mendidik, membimbing siswa untuk menerapkan nilai-nilai kedisiplinan moral dalam melaksanakan tugas-tugasnya baik di sekolah maupun di masyarakat.
12105000230 | DWI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain