Skripsi
PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM PPKn MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER ROHANI ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PEMALANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Nilai-nilai religi, PPKn, ekstrakulikuler rohis.
Proses pembelajaran metode mempunyai peran penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Kedudukan metode menentukan peningkatan prestasi siswa, terutama memudahkan siswa menerima materi pelajaran. Dengan demikian, materi pelajaran akan dapat diserap oleh siswa dan dipahami maknanya. Sebaliknya metode pembelajaran yang kurang tepat dapat menyulitkan daya serap siswa terhadap bahan ajar yang disampaikan guru. Oleh karena itu, metode yang dipergunakan guru dapat dikatakan berhasil apabila dengan metode tersebut tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1). untuk mengetahui kegiatan ekstrakulikuler rohis, (2). Untuk mengetahui berapa banyak peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler rohis, (3). Untuk mengetahui adanya penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakulikuler rohis, (4). Untuk mengetahui penanaman nilai-nilai religiusnya, (5). Untuk mengetahui nilai-nilai religius dalam kegiatan ekstrakulikuler di SMP Muhammadiyah 2 Pemalang.
Pendekatan penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan prosedur sampel acak sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru, Pesera didik dan Masyarakat sebanyak lima belas orang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Nilai-nilai religius dalam PPKn sudah cukup baik, (2). Nilai-nilai religius yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakulikuler juga baik, (3). Kegiatan ekstrakulikuler juga sangat diminati peserta didik, (4). Kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti peserta didik juga sangat baik, (5). Efektifitas dalam penanaman nilai-nilai pancasila juga sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian: (1). Implikasi pemahaman nilai-nilai religi cukup baik, (2).Nilai-nilai religius dalam nilai-nilai Pancasila juga baik penyampaiannya. (3), Kegiatan ekstrakulikuler juga sangat diminati siswa. (4), Kegiatan ekstrakulikulernya juga cukup baik. (5), Efektifitas nilai-nilai religius pada siswa juga cukup baik.
Saran: (1). Sekolah diharapkan menerapkan dan meningkatkan penanaman nilai-nilai pancasila dalam kegiaan ekstrakulikuler rohis, (2). guru diharapkan mampu mengarahkan, mendidik, melatih, dan membimbing peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila, (3). Siswa diharapkan bisa menjalankan dan mengamalkan nilai-nilai religius melalui kegiatan ekstrakulikuler rohis yang bisa untuk memperbaiki sikap dan perilaku.
12105000150 | BET p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain