Skripsi
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN OSIS SISWA KELAS X SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pancasila, Kegiatan OSIS.
Rumusan masalah yang diajukan adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana pelaksanaan program OSIS di SMK PGRI 1 Taman; 2) Bagaimana pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila di SMK PGRI 1 Taman; 3) Bagaimana peranan guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di SMK PGRI 1 Taman; 4) Faktor-faktor pendukung dan kendala apa yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai Pancasila di SMK PGRI 1 Taman. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Bagaimana pelaksanaan program OSIS di SMK PGRI 1 Taman; 2) Pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila di SMK PGRI 1 Taman; 3) Peranan guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di SMK PGRI 1 Taman; 4) Faktor-faktor pendukung dan kendala yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai Pancasila di SMK PGRI 1 Taman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Taman Pemalang. Waktu pelaksanaan pada bulan Mei 2014. Objek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Siswa kelas X SMK PGRI 1 Taman Pemalang.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Dalam pelaksanaan program OSIS di SMK PGRI 1 Taman Pengurus OSIS beserta guru dan siswa melaksanakan peringatan Hari Besar Agama Islam, peringatan Hari Besar Nasional, Pemilihan Ketua OSIS, Latihan Kepemimpinan, Peringatan Hari Jadi Sekolah, Masa Orientasi Siswa Baru. Kegiatan tersebut sudah dijadwalkan terlebih dahulu sudah menjadi kegitan rutin dalam program OSIS di SMK PGRI 1 Taman Pemalang. 2) Pemahaman siswa sebelum diberi materi pelajaran tentang nilai-nilai Pancasila, siswa cenderung kurang memahami nilai-nilai Pancasila, namun setelah diberi materi tentang nilai-nilai pancasila dengan metode dan media oleh guru PKn, siswa sudah memiliki pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila, hal ini dapat dilihat dalam aktivitas dan kegiatan siswa dalam kegiatan OSIS. Sehingga peranan guru PKn dalam hal ini sangat penting dalam memberikan pemahaman materi pembelajaran tentang nilai-nilai Pancasila yang diimplementasikan dalam kegiatan OSIS di PGRI 1 Taman Pemalang. 3) Peranan guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di SMK PGRI 1 Taman sangat penting, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bukan hanya sekedar menyampaikan sejumlah pengetahuan (ranah kognitif) tetapi jugapada ranah afektif dan psikomotorik. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang terkesan cenderung menjenuhkan siswa, dapat menjadi pembelajaran yang aktif dan berkesan dengan beberapa metode dan media yang ada. Oleh karena itu, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dikemas sedemikian rupa misalnya dengan menggunakan internet, gambar, video, power point, dan media teknologi informasi lainnya, sehingga mampu menjadi alat penanaman nilai-nilai Pancasila bagi siswa terutama dalam kegiatan OSIS.
Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam penyampaian materi tentang penanaman nilai-nilai pancasila dalam kegiatan OSIS diantaranya : 1) Peranan Kurikulum; 2) Peran guru mata pelajaran dalam memberikan materi dengan metode yang sudah direncanakan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. ; 3) Sarana dan prasarana sekolah yang memadai berupa media, dan ruang multimedia sebagai tempat pembelajaran siswa.; 4) Minat dan keaktifan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penghambat diantaranya : 1) Kurangnya dukungan orang tua; 2) Lingkungan Masyarakat; 3) Perbedaan individual
12105000270 | EFF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain