Skripsi
PERAN DAN PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 6 TAMAN PEMALANG
Kata Kunci : Peran dan Pengaruh Disiplin Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Disiplin adalah mematuhi atau menaati setiap peraturan yang berlaku atau melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan . Disiplin ini terbagi tiga yaitu disiplin pribadi, disiplin sosial dan disiplin nasional. Untuk meningkatkan efektivitas belajar dalam proses pembelajaran maka diperlukan peranan seorang guru. Untuk mengetahui seberapa besar peranan seorang guru maka perlu mengetahui tentang: 1. Peran dan pengaruh disiplin pada peserta didik kelas VIII? 2. Bagaimana cara atau usaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII? 3. Bagaimana strategi dan model pembelajaran di kelas VIII?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupa data deskriptif yaitu kata-kata atau tulisan. Latar penelitian yaitu SMP Negeri 6 Taman Pemalang, dengan jumlah peserta didik 199 anak yang tersebar dalam 5 kelas dengan sampel 5 anak. Dalam penelitian ini menggunakan tiga teknis dalam pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari tiga teknik tersebut digabungkan ( Triangulasi pengumpulan data ) untuk mendapatkan data yang konsisten. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan conclusion / verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Seorang guru harus bisa menerapkan disiplin pada peserta didik dengan cara mengadakan pengawasan disiplin, memberikan contoh disiplin, menegur peserta didik yang kurang disiplin, dan melakukan pengawasan disiplin pada peserta didik. 2. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu peserta didik disuruh membaca referensi kemudian menyimpulkannya dan mengerjakan tugas kemudian berdiskusi dan tanya jawab. 3. Strategi dan model pembelajaran yang sudah digunakan yaitu dengan pendekatan sains, pengamatan, pengetahuan dan kesimpulan.
Saran peneliti yaitu : 1. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, hendaknya guru PKn beserta guru yang lain bekerja sama untuk memantau kedisiplinan peserta didik. 2. Guru sebaiknya mendekatkan diri dengan peserta didik karena peserta didik lebih menyukai kepribadian guru yang ramah dan baik. 3. Guru harus menyadari bahwa tugas pokok seorang guru bukan hanya mengajar saja akan tetapi juga sebagai pendidik yang berkewajiban membantu membentuk kepribaadian pada peserta didik.
12105000880 | UUN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain