Skripsi
IMPLEMENTASI GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB NILAI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Tanggung Jawab Nilai Sosial.
Berbagai persoalan moral bangsa ini yang banyak terjadi dikalangan pelajar antara lain seperti masih rendahnya tanggung jawab nilai sosial, masih tingginya kasus tindakan kekerasan, etika atau sopan santun para pelajar.
Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa baik implementasi guru PPKn dalam mengembangkan sikap tanggung jawab nilai sosial peserta didik, 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi guru PPKn dalam rangka pembentukan sikap tanggung jawab nilai sosial peserta didik,
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif rasionalistik. Lokasi penelitian ini di SMA Muhammadiyah Kota Tegal. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel acak dengan responden yaitu guru PPKn dan 15 peserta didik kelas X MIA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan menggunakan kumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan tanggung jawab nilai sosial terhadap peserta didik kelas X MIA 2 di SMA Muhammadiyah Kota Tegal, sudah dilaksanakan secara optimal, baik oleh guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas X MIA 2. Hal ini terbukti dari peran guru PPKn yang selalu menanamkan tanggung jawab nilai sosial dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta peserta didik yang mampu mengimplementasikan nilai kedisiplinan, kejujuran, demokratis, religius, dan nasionalisme dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan tanggung jawab nilai sosial yaitu peserta didik cenderung individualisme, tidak semua peserta didik datang tepat waktu.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi guru PPKn dalam mengembangkan tanggung jawab nilai sosial peserta didik sangat penting hal ini merupakan wujud dari proses keberhasilan pembentukan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Saran yang dapat diberikan adalah agar guru PPKn merancang pembelajaran PPKn yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif. Dengan demikian siswa memahami dan menerapkan, serta merasakan pentingnya tanggung jawab nilai sosial.
12105000670 | ROB i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain