Skripsi
HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NU 01 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar Peserta Didik.
Perumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : apakah terdapat pengaruh hubungan / korelasi antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik? Penelitian ini bertujuan : untuk mendeskripsikan hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas X Slawi tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X, Kabupaten Tegal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 250 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner.
Adapun analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, korelasi Pearson dengan angka kasar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik siswa kelas X. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh koefisien korelasi r (hitung) = 0,924. Kemudian dikonsultasikan dengan r (tabel) product moment dengan jumlah N = 30 dengan taraf signifikan 5% diperoleh r (tabel) = 0,361 dan sebesar 0,463 pada taraf signifikan 1%. Oleh karena r (hitung) > r (tabel) baik pada taraf signifikan 1% maupun 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan siswa diharapkan membatasi diri dan bisa membagi waktu karena tugas utama siswa adalah belajar. Pihak orang tua hendaknya selalu berusaha membina rumah tangga yang sejahtera dan memberi asuhan, bimbingan, arahan, serta motivasi kepada anak sehingga anak merasa betah dirumah tenang dalam belajar.
Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMK NU 1 Slawi. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh r hitung = 0,924 sedangkan r tabel = 0,361 pada taraf signifikan 5%.
Saran dari penelitian ini adalah Orang tua harus memberikan dukungan dan pengawasan yang baik, karena sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik.
12105000140 | AYA h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain