Skripsi
ANALISIS SEMANGAT KERJA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMAN 01 BALAPULANG
Kata kunci: Semangat kerja guru
Penelitian ini membahas tentang semangat kerja guru PKn dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kegiatan di dalamnya belum banyak diketahui dan belum tentu semua guru mengerti arti semangat kerja, ini lah yang mendorong peneliti mengangkat judul tersebut.
Adapun perumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana semangat kerja guru PKn dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan? (2) Apa sajakah upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan guna meningkatkan semangat kerja dalam proses mengajar? Dari perumusan masalah peneliti ingin mengetahui semangat kerja guru PKn dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan ingin mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Kewarganegaraan guna meningkatkan semangat kerja dalam proses mengajar.
Sumber data dari penelitian ini adalah seorang Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Siswa SMAN 01 Balapulang berjumlah 8 siswa, Wakil Kepala Sekolah, rekan guru, dan Masyarakat sekitar SMAN 01 Balapulang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik interview, kuesioner, observasi.
Teknik analisis sebelum di lapangan yaitu hasil studi pendahuluan atau data sekunder. Dan analisis selama di lapangan melalui: data reduction, data display, conclution drawing/verification.
Simpulan dari penelitian ini yaitu seorang guru Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah tidak hanya sebagai pembawa Ilmu Pengetahuan saja, tetapi juga menjadi contoh teladan seorang pribadi manusia yang memiliki sikap dan perilaku yang baik untuk dicontoh oleh peserta didik dan memberikan pengetahuan, ketrampilan serta pengalaman lainnya karena semua itu merupakan bentuk pengabdian diri kepada Masyarakat dan Negara.
Berdasarkan simpulan tersebut, penulis memberikan rekomendasi yaitu bagi sekolah sebaiknya sekolah berusaha untuk memberikan pendidikan kepada siswa dengan lebih maksimal, untuk guru diharapkan lebih semangat dan tekun dalam melaksanakan tugasnya menyampaikan materi pendidikan kepada peserta didik dan memberikan contoh perilaku teladan kepada peserta didik, untuk siswa diharapkan dapat tergali potensinya secara maksimal dan termotivasi, serta dapat berkonsentrasi penuh pada tujuan tiap materi yang disampaikan, sehingga segala hal yang disampaikan oleh guru dapat dipahami.
12105000410 | HIN a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain