Skripsi
PERANAN MEDIA MASSA CETAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 01 ULUJAMI KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: Media Massa Cetak
Media massa bahasa latin medius yang secara harfiah ‘perantara’, atau ‘pengantar’. Di samping sebagai sistem penyampai atau pengantar. Istilah mediator media menunjukkan fungsi atau perannya, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar-siswa dan isi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mempelajari sejauh mana peserta didik dalam memahami pengertian media massa cetak sebagai sumber belajar. (2) Mempelajari peranan media massa cetak sebagai sumber belajar. (3) Mempelajari sifat pemanfaatan media massa cetak sebagai sumber belajar pada peserta didik SMP N 01 UlujamiTahun Pelajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan prosedur sampling. Responden dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa sebanyak 15 orang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Media massa yaitu berasal dari bahasa latin yang artinya “perantara” atau “pengantar” pesan dari pengirim ke penerima. (2) Peranan media massa cetak dapat diartikan sebagai sarana informasi yang berbentuk majalah, tabloid, surat kabar yang mampu berperan sebagai alat bantu belajar (3) Media massa cetak mempunyai dua sifat pemanfaatan yaitu melalui media primer dan media sekunder dan media primer.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) bahwa siswa SMP Negeri 01 Ulujami menerapkan dan mempelajari media massa cetak sebagai sumber belajar seperti Majalah, surat kabar karena di dalamnya terdapat wawasan yang luas. (2) peranan media massa cetak juga dapat membantu siswa untuk mengerjakan tugas sekolah seperti membuat kliping. (3) sifat pemanfaatannya adalah dapat membantu siswa untuk belajar dan juga mempermudah guru dalam memberikan informasi.
Disarankan (1) Sekolah diharapkan dapat mengembangkan lagi media massa cetak untuk belajar siswa karena dengan media massa cetak siswa juga bisa mendapatkan wawasan yang luas. (2) Seorang guru diharapkan mampu mempraktekan belajar dengan menggunakan media massa cetak karena siswa biasanya akan mudah bosan dan jenuh dalam belajar. (3) Untuk siswa Supaya lebih aktif lagi dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, para siswa harus lebih meningkatkan belajar dengan cara membaca media massa cetak sebagai bahan ajar pembelajaran.
12105000630 | RIS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain