Skripsi
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB SOSIAL PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII MTS IKHSANIYAH BANYUMUDAL MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Sikap, Pembelajaran, Kewarganegaraan
Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan sangat diperlukan untuk menciptakan situasi sekolah yang aman dan tertib serta membina dan mengarahkan anak didiknya untuk bersikap, berperilaku dan berdisiplin dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku di sekolah. Rumusan masalah penelitian adalah : Bagaimanakah peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan sikap tanggungjawab sosial peserta didik pada MTs Ikhsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Tujuan penelitian ini, untuk (1) Mendeskripsikan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Tegal Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 (2) Mendeskripsikan sikap tanggungjawab sosial peserta didik pada Kelas VIII MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014,(3)Mendeskripsikan peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan sikap tanggungjawab sosial peserta didik pada Kelas VIII MTs Ikhsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Pendekatan penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dimana pendekatan yang lebih banyak ditujukan pada pembentukan teori substansif berdasar pada konsep-konsep yang timbul dari data empiris. Dengan sampel 44 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka
Hasil pembahasan pada penelitian adalah bahwa mata pelajaran Kewarganegaraan sebagai tata nilai kebersamaan secara ideologi, sosial, politik, budaya dan hukum dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara normatif memiliki pandangan dan falsafah hidup yang luhur, dalam arti apabila nila-nilai tersebut diimplementasikan secara nyata dan konsekuen yang mampu memberikan energy sosio luhur yang sangat besar
Saran: diharapkan sikap guru Pendidikan Kewarganegaraan di luar kelas dapat lebih ditingkatkan lagi, misalnya dengan memberikan contoh atau teladan dimana penyampaian pesan moral atau yang berkaitan dengan pengembangan tanggungjawab sosial peserta didik, sinkron antara yang diucapkan dengan tindakan atau perilaku guru Pendidikan Kewarganegaraan tersebut.
12105000870 | USW p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain