Skripsi
PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBENTUKAN KARAKTER PADA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Kata Kunci: Nilai Moral Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pembentukan Karakter.
Pembelajaran PKn mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan nilai dan moral. Setiap warga negara dituntut untuk dapat hidup berguna dan bermakna bagi negara dan bangsanya, serta mampu mengatisipasi perkembangan dan perubahan masa depannya. Untuk itu diperlukan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (Ipteks) yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan, nilai-nilai moral, nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai budaya bangsa.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui sejauh mana nilai moral pada peserta didik kelas XI pada pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013-2014. (2) Untuk mengetahui pembentukan Karakter peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013-2014. (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru PKn dalam pengembangan nilai-nilai moral melalui pembenukan karakter pada Pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013-2014.
Metode penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan prosedur sampel acak sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni sebanyak sepuluh orang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai mata pelajaran PPKn kelas XI di SMK N 1 Kedungwuni, dapat disimpulkan (1) Pembelajaran PKn mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan nilai dan moral oleh karena itu setiap warga negara dituntut untuk dapat hidup berguna dan bermakna bagi negara dan bangsanya.(2) Setiap individu mempunyai ciri dan sifat atau karakteristik bawaan (heredity) dan karakteristik yang diperoleh dari pengaruh lingkungan..(3) Hambatan yang di hadapi guru itu sangat banyak di antaranya keterbatasan waktu dalam pengajaran yang di berikan kepada peserta didik.
Disarankan agar siswa dan Guru SMK Negeri 1 Kedungwuni untuk mengembangkan pembelajaran nilai moral dan karakter serta dapat menerapkan, membudayakan dan mengembangkan nilai-nilai moral dan karakter di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
12105000460 | KHO p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain