Skripsi
PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS IKHSANIYAH BANYUMUDAL MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Kualitas, Pembelajaran, Kewarganegaraan, Tipe Jigsaw.
Pendidikan merupakan usaha yang terencana untuk mewujudkan proses belajar dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sebagai bagian dari proses pendidikan dan pembelajaran secara terus menerus perlu dikembangkan. Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Bagaimanakah kualitas pendidikan karakter dalam mata pelajaran kewarganegaraan pada peserta didik kelas VIII Ikhsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014, (2) Apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karakter dalam mata pelajaran PKn pada peserta didik kelas VIII Ikhsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014, (3) Bagaimanakah langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan? (4) Apakah ada hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ?
Tujuan penelitian ini, (1) Mendeskripsikan kualitas pendidikan karakter dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik pada mata pelajaran kewarganegaraan pada peserta didik kelas VIII Ikhsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014, (2)Menjelaskan implementasi model pembelajaran kontekstual tipe Jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (dilihat dari prestasi belajar siswa) pada peserta didik kelas VIII Ikhsaniyah Banyumudal Moga Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yaitu kegiatan mengamati suatu objek, dengan menggunakan kaidah metodologi tertentu untuk mendapatkan data yang bermanfaat bagi peneliti dan orang lain demi kepentingan bersama. Dengan sampel 44 peserta didik. Prosedur penelitian dengan tes tertulis, observasi dan studi pustaka.
Hasil pembahasan pada penelitian adalah penerapan cooperatif learning teknik JIGSAW dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada pokok bahasan budaya demokrasi di Indonesia. Pada siklus I hasil angket tanggapan peserta didik terhadap cooperatif learning teknik JIGSAW dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 81,82% atau 36 dan 44 peserta didik. Adapun tidak tuntas 18,18% atau 8 peserta didik. Pada siklus II ketuntasan belajar mata pelajaran PKn peserta didik kelas VIII MTs Ikhsaniyah Tahun Pelajaran 2013/2014 sebesar 95,45% atau 42 peserta didik dari 44 jumlah peserta didik seluruhnya sehingga terdapat 2 peserta didik atau 4,55% belum tuntas. Hal ini berarti memenuhi indicator keberhasilan belajar karena tolok ukur ketuntasan belajar sekurang-kurangnya sebesar 85%.
Saran: peserta didik perlu dilatih untuk mempersiapkan bahan belajar secara mandiri sehingga peserta didik tidak mengandalkan sepenuhnya kepada guru, perlu adanya penelitian dan kajian lebih lanjut untuk menyempurnakan penelitian ini sehingga dapat lebih bermanfaat bagi peningkatan hasil belajar peserta didik.
12105000640 | RIS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain