Skripsi
PERANAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: Layanan Informasi, Kemampuan Pemilihan Karir
Penelitian ini membahas bagaimana layanan informasi dan tingkat kemampuan pemilihan karir pada peserta didik SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Begitu pentingnya karir bagi kehidupan manusia, sehingga diperlukan adanya kemampuan untuk memilih dan menentukan karirnya, untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan informasi yang memadai. Informasi dapat diperoleh melalui layanan informasi yang ada di program BK di sekolah. Identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu adanya kebimbangan dalam pemilihan karir dan kemampuan pemilihan karir siswa belum maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan pemilihan karir siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi serta bagaimana peranan layanan informasi terhadap kemampuan pemilihan karir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemilihan karir siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dan peranan layanan informasi terhadap kemampuan pemilihan karir siswa kelas X SMK Negeri 1 Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian berjumlah 441 siswa, dengan sampel 44 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling, metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis ekperimen dan desain penelitian One Group Pre Test Post Tes Design, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan bentuk skala Likert, uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan rumus analisis deskriptif persentase dan analisis uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan: adanya peningkatan tingkat kemampuan pemilihan karir siswa sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan yaitu dengan rata-rata tingkat kemampuan karir siswa sebelum diberikan layanan yaitu 107,909 dengan skor tertinggi 131 dan skor terendah 86 sedangkan rata-rata sesudah diberikan layanan informasi yaitu 114,590 dengan skor tertinggi 131 dan skor terendah 101. Dan berdasarkan hasil pengujian uji t diperoleh thitung sebesar 5,682 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5 % (0,05) sebesar 2,017 yang artinya bahwa thitung > ttabel dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa layanan informasi memiliki peranan yang positif terhadap kemampuan pemilihan karir siswa kelas X SMK Negeri 1 Brebes tahun pelajaran 2014/2015 dapat diterima.
Saran dari penulis untuk sekolah dan guru BK yaitu agar lebih memaksimalkan pemberian layanan informasi dan untuk siswa yaitu agar siswa lebih memaksimalkan layanan informasi yang diberikan oleh sekolah.
11125002160 | ART p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain