Skripsi
MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIC SMP 1 KARANGANYAR KAB. PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Tanggung Jawab Belajar, Teknik Role Playing
Belajar bukan karena paksaan dari orang tua maupun kewajiban remaja umumnya saja, melainkan belajar sudah dirasakan sebagai tanggung jawab bagi setiap pelajar di sekolah. Hal inilah menjadikan perlunya bimbingan bagi setiap pelajar agar sadar akan tanggung jawab dalam belajar. Peran guru bimbingan dan konseling dengan menggunakan layanan penguasaan konten teknik role playing akan dapat meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat tanggung jawab belajar peserta didik kelas VIIIC SMP 1 Karanganyar, untuk mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing untuk meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik kelas VIIIC SMP 1 Karanganyar dan untuk mengetahui hasil layanan penguasaan konten dengan teknik role playing untuk meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik kelas VIIIC SMP 1 Karanganyar.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Juli 2014 di SMP 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan pada kelas VIIIC dengan jumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan studi dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase. Validasi data menggunakan teknik triangulasi data dengan mencocokkan hasil penelitian kondisi awal, siklus I dan siklus II.
Hasil layanan penguasaan konten dengan teknik role playing dapat meningkatkan tanggungjawab belajar peserta didik, dapat dilihat hasil pengamatan pada pelaksanaan siklus I skor rata-rata yang diperoleh 2,4 dengan hasil pengamatan masih terdapat 5 peserta didik yang sedang dan 7 peserta didik yang rendah tanggungjawab belajarnya. Pada siklus II ini pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing dapat meningkatkan tanggungjawab belajar peserta didik, diperoleh hasil skor rata-rata yaitu 3,6. Saran yang dapat diberikan yaitu guru BK untuk lebih meningkatkan diri dengan melakukan berbagai macam penelitian seperti halnya penelitian tindakan bimbingan dan konseling dimana dapat meningkatkan berbagai hal kebutuhan peserta didik di sekolah.
11105002620 | SAR m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain