Skripsi
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 1 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Sikap Belajar
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap belajar siswa kelas X Tata Boga SMK N 1 Tegal sebelum dan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dan mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan kelompok untuk pembentukan sikap belajar siswa kelas X Tata Boga SMKN 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga SMKN 1 Tegal sebanyak 96, sampel diambil dengan teknik proposional random sampling ditetapkan 30 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data dan test, analisis deskripsi prosentase dan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan korelasi product moment diperoleh angka teoritik sebesar 0,46 yaitu nilai r tabel pada batas penolakan dengan taraf signifian 5% sehingga menolak hipotesis nihil (Ho) tidak ada perbedaan sikap belajar siswa kelas X Tata Boga SMK N 1 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 dan menerima hipotesis alternative (Ha) “Ada perbedaan sikap belajar siswa kelas X Tata Boga SMK N 1 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014” Pembentukan sikap belajar siswa adalah 74%, pelaksanaan bimbingan kelompok dalam pembentukan sikap belajar siswa 76%, pelaksanaan bimbingan kelompok dalam pembentukan kebiasaan siswa 74%, minat siswa terhadap pelajaran 75%, meningkatkan kesulitan belajar siswa 79%, meningkatkan interaksi belajar siswa 65%, meningkatkan prestasi belajar 87% dari total pencapaian 100%.
Disarankan kepada sekolah bahwa sekolah mengaktifkan peranan guru pembimbing untuk mengaktifkan layanan bimbingan kelompok secara terprogram dan bersinergi dengan harapan perilaku belajar dapat terbentuk secara baik sehingga terwujud kondisi yang menyenangkan bagi siswa, pelaksanaan bimbingan kelompok hendaknya lebih ditingkatkan lagi usaha – usaha dalam pemberian layanan secara baik, semua tenaga pengajar dan guru BK hendaknya senantiasa menunjukkan secara konsisten terhadap pemberian layanan, siswa perlu aktif dalam mendukung program sekolah secara baik dan benar.
11115002500 | KAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain