Skripsi
PERBEDAAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIISMP NEGERI 1 KERSANA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia. Individu sebagai makhluk hidup senantiasa berinteraksi dengan dirinya, orang lain, dan lingkungannya guna memenuhi kebutuhan hidup. Ketika berinteraksi, individu dihadapkan pada tuntutan-tuntutan, baik dari dalam dirinya, dari orang lain, maupun dari lingkungannya. Hal tersebut dapat menimbulkan stres dan permasalahan hidup individu. Stres dan masalah dalam kehidupan merupakan hal yang wajar, meskipun demikian stres dan masalah tersebut dapat menimbulkan dampak yang lebih serius yaitu krisis psikologis.hubungan Bimbingan Pribadi dengan perkembangan kepribadian peserta didik kelas VII SMP N 1 Kersana Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian adalah kuantitatif. dan Sifat penelitiannya adalah eksperimen. Subyek penelitian peserta didik kelas VII SMP N 1 Kersana Tahun Pelajaran 2014/2015. sebanyak 45 peserta didik.
Hasil ketercapaian tujuan menunjukkan tingkat penyesuaian diri (pos test) Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah: kategori sangat rendah 2 respoden (4,44%), rendah 4 responden (4,44%), sedang 6 responden (13,34%), tinggi 31 responden (68,89%) dan sangat tinggi 4 responden (8,89%). Sedangkan Hasil ketercapaian tujuan menunjukkan tingkat penyesuaian diri (pre test) adalah: kategori sangat rendah 7 respoden (15,56%), rendah 9 responden (20,00%), sedang 20 responden (44,44%),tinggi 7 responden (15,56%) dan sangat tinggi 2 responden (4,44%). Berdasarkan hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rh sebesar 0,329. Nilai rxy ini kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikasi 5% dengan jumlah sampel 45, dan diperoleh rtabel = 0,279, maka rxy> rtabel atau 0,329 > 0,279 yang berarti hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima yang artinya “Ada Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Penyesuaian Diri Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran dari penulis, guru pembimbing agar lebih intensif memberikan bimbingan pribadi kepada peserta didik yang perkembangan kepribadiannya rendah, sehingga kegiatan pengaruh bimbingan pribadi terhadap penyesuaian diri
1115002560 | RAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain