Skripsi
PERAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Layanan Informasi, Kecerdasan Emosional
Kecerdasan emosional yang tinggi diperlukan agar individual mampu mengendalikan diri sendiri dan orang lain, dan lebih mengutamakan kepentingan umum, daripada kepentingan perorangan dan golongan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah: 1) pelaksanaan layanan informasi yang telah diterapkan pada peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015?. 2) peningkatan pemahaman kecerdasan emosional pada peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015?. 3) peran layanan informasi terhadap peningkatan pemahaman kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan layanan informasi yang diterapkan pada peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) pemahaman kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. 3) peran layanan informasi terhadap peningkatan pemahaman kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 175 peserta didik. Sampel yang diambil sebanyak 17% dari jumlah populasi, sehingga sampel penelitian sebesar 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan deskriptif persentase.
Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2014, jumlah layanan 1 kali pertemuan dengan materi tentang pemahaman kecerdasan emosional, selama pemberian layanan seluruh sampel aktif dan merasa senang. Sedangkan kenaikan tingkat pemahaman kecerdasan emosional dengan kategori baik sebesar 43,3%, dampak dari layanan tersebut peserta didik mampu menguasai emosinya. Dari hasil pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,594. Nilai rhitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan N =30 pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) diperoleh rtable = 0,361 ternyata rhitung = 0,594 > rtabel = 0,361 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang menyatakan “Ada peran layanan informasi terhadap peningkatan pemahaman kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Hendaknya layanan informasi yang baik perlu dikembangkan lagi dengan maksimal, untuk menumbuhkan pemahaman kecerdasan emosional secara menyeluruh.
11105001240 | RIK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain