Skripsi
PERAN KONSELING CLIENT CENTRE TERHADAP PELANGGARAN TATA-TERTIB SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP AL-MI’RAJ KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Konseling Client Centre sebagai proses bantuan
Ketertiban siswa sering kali masih dikatakan sebagai suatu masalah di sekolah, apalagi pada jenjang sekolah menengah yang peserta didiknya mulai beranjak dewasa dan mulai belajar mengenal jati diri pribadinya. Sehingga peserta didik sering melakukan pelanggaran. Kondisi yang tidak menguntungkan dan cukup memprihatinkan ini, menyebabkan beberapa sekolah membentuk Tim Ketertiban Sekolah agar sekolah menjadi lebih baik.
Analisis korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM) digunakan untuk mengetahui derajat hubungan antara variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Dalam penelitian ini variabel bebas adalah peran konseling (X), adapun sebagai variabel terikat adalah pelanggaran tata-tertib Uji coba (try out) dilakukan terrhadap responden bukan subjek penelitian,bertujuan menguji validitas dan reabilitas variabel bebas dan variabel terikat. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa angket. Jumlah item dalam kuisioner variabel X (layanan Konseling Client Centre), dan variabel Y (Tingkat Tata-tertib Sekolah peserta didik) berjumlah 20 butir. Adapun jumlah responden yang digunakan untuk uji coba instrumen berjumlah 25 peserta didik. Berdasarkan tabel 4.2 di atas, dapat dikemukakan bahwa nilai rhitung (korelasi tiap butir soal) indek validitas terendah adalah 0,520 Apabila dikonsultasikan terhadap rtabel dengan jumlah sampel N 53 = 0,312 dari 5% dengan N 53 = 0,266 demikian 0,591 > 0,266 (t.s 5%) dan 0,591 >0,266 (t.s 5%).Karena rhitung lebih besar dari nilai r tabel, maka berarti bahwa Hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan ‘‘Tidak Ada pengaruh Konseling Client Centre terhadap peningkatan Tata-tertib Sekolah peserta didik”, ditolak. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Ada pengaruh Konseling Client Centre terhadap peningkatan Tata-tertib Sekolah peserta didik”. dinyatakan diterima.
11105000140 | ALI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain