Skripsi
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEJENUHAN TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Tingkat Kejenuhan, Kedisiplinan Belajar
Hubungan tingkat kejenuhan mempunyai peranan dalam kedisiplinan belajar. Permasalahan utamanya adalah bagaimana tingkat kejenuhan dan kedisiplinan belajar, dan apakah ada hubungan antara tingkat kejenuhan terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.Tujuannya adalah Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kejenuhan terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi berjumlah 176 peserta didik, prosedur sampling menggunakan purposive sampling, sampel penelitian sejumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus korelasi Spearman-Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis Korelasi Product Moment
Hasil uji coba try out untuk variabel X diperoleh 20 item dinyatakan valid dan variabel Y diperoleh 20 item dinyatakan valid dengan rtabel 0,444 (TS 5%). Variabel X dinyatakan reliable dengan hasil 0,954 dan variabel Y dinyatakan reliabel dengan hasil 0,951. Hasil perhitungan analisis deskriptif tingkat kejenuhan diperoleh 28 % dengan kategori sangat tinggi, sedangkan hasil perhitungan analisis deskriptif kedisiplinan belajar diperoleh 25% dengan kategori sangat rendah dan kategori cukup. Dari hasil perhitungan analisis data diperoleh rhitung > rtabel atau 0,986 > 0,374 (TS 5%), ini maka dalam penelitian ini Ho yang mengatakan bahwa ‘ tidak ada hubungan yang signifikan tingkat kejenuhan terhadap kediplinan belajar pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2014/2015”, ditolak. Hal ini berarti menerima Ha yang mengemukakan “ ada hubungan yang signifikan Tingkat Kejenuhan Terhadap Kedisiplinan Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Tingkat kejenuhan dalam kategori sangat tinggi, maka dibutuhkan layanan dan bimbingan untuk merangsang dan motivasi peserta didik agar tidak merasakan kejenuhan. Kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2014/2015 dalam kategori sangat rendah dan kategori cukup, maka perlu ditingkatkan agar menjadi kategori tinggi. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat Kejenuhan terhadap kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”.
11105001800 | GAN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain