Skripsi
HUBUNGAN PERILAKU EMOSIONAL DENGAN DAYA TAHAN STRES PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Perilaku Emosional, Daya Tahan Stres.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah perilaku emosional peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?; 2) Bagaimanakah daya tahan stres peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?; 3) Bagaimanakah hubungan perilaku emosional dengan daya tahan stres peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?
Populasi penelitian ini peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 78 peserta didik. Dari 78 responden tersebut digunakan sampel semuanya dengan teknik sampel jenuh. Uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabelitas menggunakan rumus Spearman Brown. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunkan korelasi deskriptif prosentase dan product moment.
Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan Ada hubungan antara perilaku emosional dengan daya tahan stres peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dari perhitungan product moment rhitung 0,534 dikonsultasikan dengan harga rtabel N = 78 taraf signifikansi 5% sebesar 0,220. Hasilnya adalah rxy > rtabel pada taraf signifikansi 5% atau 0,534 > 0,220. Dengan demikian hipotesis kerja yang diajukan “Ada hubungan antara perilaku emosional dengan daya tahan stres peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015” diterima dan Hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak hubungan antara perilaku emosional dengan daya tahan stres peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015, dinyatakan ditolak.
Disarankan bagi peserta didik hendaknya berusaha melakukan kegiatan positif untuk menghilangkan kesedihan yang peserta didik alami, tidak membiarkan kesedihan berlarut-larut, mencoba mecari penyelesaian masalahnya, meneladani semangat orang-orang yang hebat untuk meningkatkan semangat hidup, tidak merasa malas dan bosan, meskipun sedang ditimpa musibah. Peserta didik disarankan untuk berperan aktif dalam pembentukan dan pengembangan lingkungan sekolah menuju kematangan emosional karena mengingat pentingnya kecerdasan emosi dan daya tahan terhadap stres demi tercapainya kesuksesan di masa yang akan datang.
11105001580 | WAH h C1 | Tersedia | |
11105001340 | SAN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain