Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI MODEL BABAKAN DALAM PEMBELAJARAN PKn TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
Kata Kunci : Efektivitas, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), Hasil Belajar PKn Peserta Didik.
Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat sekarang ini menuntut dunia pendidikan untuk lebih kreatif meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Hal inilah yang memotivasi penulis untuk menyusun karya dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas MPI dalam peningkatan hasil belajar, memotivasi guru dan peserta didik MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal untuk lebih meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar.
Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing dilakukan post test. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Analitis, yaitu hasil yang diperoleh dari penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran secara menyeluruh dan sistematis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPI bisa menjadi daya tarik bagi peserta didik, memberikan variasi pembelajaran serta mempunyai peran dan fungsi yang dapat mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Content atau isi MPI yang lengkap (terdiri dari materi, simulasi, latihan) juga dapat dimanfaatkan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Nilai peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75 meningkat dari pree test pra siklus 17,86%, post test Siklus I 28,57%, dan post test Siklus II hingga lebih dari 90%. Meski bukan satu-satunya penentu kesuksesan dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal, namun MPI dapat mendorong dan merangsang peserta didik serta guru untuk lebih akif dan interaktif dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif.
Saran bagi peserta didik untuk tetap fokus dalam memanfaatkan MPI saat proses belajar mengajar berlangsung. Guru harus mampu mengontrol kondisi kelas dan selalu siap memberikan bimbingan tentang operasional MPI dan materinya. Bagi pemerintah dan pihak terkait perlu melakukan upaya untuk memotivasi guru agar berkreasi membuat MPI, baik melalui ajang lomba maupun penghargaan.
12105001250 | SRI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain