Skripsi
PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN HUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP IHSANIYAH TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Kata Kunci: Pengembangan Nilai-Nilai Moral Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan, dan Prestasi Belajar Siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengembangan nilai-nilai moral dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Ihsaniyah Tegal tahun pelajaran 2014/2015, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di SMP Ihsaniyah Tahun Tegal Pelajaran 2014/2015, dan 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengembangan nilai-nilai moral dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Ihsaniyah Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII intensif di SMP Ihsaniyah tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket sebanyak 25 soal dengan options berdasarkan skala Linkert yang telah di uji reliabilitas. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pengembangan nilai-nilai moral dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII intensif diperoleh dalam kategori cukup, 2) Hasil Prestasi belajar siswa diperoleh pula dalam kategori cukup, 3) Hasil analisis korelasi Pearson Product Moment diketahui ada pengaruh pengembangan nilai-nilai moral dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dan hubungan dengan prestasi belajar siswa di SMP Ihsaniyah Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai korelasi rhitung>rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=58 yaitu 0,425>0,266.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar pengembangan nilai-nilai moral dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII intensif lebih ditingkatkan lagi agar dapat membawa dampak positif pada prestasi belajar siswa di SMP Ihsaniyah Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Sebaiknya diadakan penelitian lanjutan dengan mengambil populasi yang lebih besar, sehingga diperoleh simpulan yang lebih luas, serta agar hasil penelitian mempunyai akurasi tinggi.
12105000070 | AJI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain