Skripsi
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BIDANG STUDY PKn PADA MA MA’ARIF NU 01 BANTARKAWUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Tujuan research ini demi meningkatkan prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah untuk mata pelajaran PKn pada siswa MA Ma`arif NU 01 Bantarkawung Brebes.
Jenis penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan dibantu antara peneliti sebagai guru mata pelajaran dan dibantu supervisor yang bertugas mencatat berbagai kejadian selama pelaksanaan penelitian dilakukan serta partisipasi siswa kelas XI tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dengan : a. Observasi; b. Angket daftar pertanyaan; c. Test; dan d. dokumentasi. Sebagai standar prosedur penelitian meliputi tahap : 1. Perencanaan tindakan; 2. Pelaksanaan tindakan; 3. Observasi; dan 4. Analisis serta refleksi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran berdasarkan masalah mampu meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa dilihat dari perolehan data pada tiap siklus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Sebelum dilaksanakannya penelitian, rerata nilai siswa 66,7 dari standar ketuntasan belajar minimal 70 dan hanya ada sekitar 16 siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar minimal dengan prosentase kelulusan sebesar 50%. Pada siklus I setelah diterapkannya metode pembelajaran berdasarkan masalah ada peningkatan peolehan rerata nilai menjadi 73,4 dan ada peningkatan siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal menjadi 22 siswa dengan prosentasi kelulusan sebesar 69%. Dan peningkatan yang dicapai pada siklus II sungguh sangat memuaskan bagi peneliti dimana dari 32 siswa hanya tinggal 2 siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar minimal dengan perolehan rerata nilai 80,6 dengan prosentase kelulusan 94%. Dengan ini dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran berdasarkan masalah memberikan peningkatan pada prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI MA Ma`arif NU 01 Bantarkawung. Terbukti metode ini mampu meningkatkan minat belajar siswa, memotivasi dan meningkatkan partisipasi dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat pada hasil perolehan dan peningkatan prestasi belajar pada tiap – tiap siklusnya.
1215100100 | ANI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain