Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA SISWA SEBAGAI MODEL DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS VII MTs NURUL ULUM BANJARTURI, WARUREJA, TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: metode demonstrasi, media siswa sebagai model, memahami pembacaan puisi.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran memahami pembacaan puisi di MTs Nurul Ulum pada siswa kelas VII. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar materi memahami pembacaan puisi di MTs Nurul Ulum pada siswa kelas VII. (3) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode demonstrasi dan media siswa sebagai model dalam pembelajaran memahami pembacaan puisi di MTs Nurul Ulum pada siswa kelas VII.
Berdasarkan landasan teori, hipotesis dari penelitian sebagai berikut: “metode demonstrsi dan media siswa sebagai model efektif dalam pembelajaran memahami pembacaan puisi pada siswa kelas VII MTs. Nurul Ulum, Banjarturi, Warureja, Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.”
Populasi dari penelitian adalah kelas VII MTs. Nurul Ulum Banjarturi sebanyak 120 siswa dari sejumlah 3 kelas. Penulis menggunakan teknik random sampling untuk mengambil sampel penelitian. Jumlah sampel adalah 80 siswa. Sampel terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, setiap kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar menggunakan metode demonstrasi dan media siswa sebagai model dan kelompok kontrol adalah kelompok siswa yang diajar menggunakan metode ceramah (sebagai pembanding tes).
Penulis menggunakan tes obyektif sebagai instrumen penelitian. Tes berbentuk tes pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban yang berjumlah 20 soal dengan alokasi waktu 60 menit. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes pilihan ganda yang dikerjakan oleh sampel penelitian. Analisa data penelitian dikorelasikan dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil analisa data dari hasil perhitungan menggunakan hasil thitung 16,95 dengan ttabel 2,042 jika di bandingkan thitung lebih besar di banding dengan ttabel. Jadi kesimpulannya Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada pengaruh positif antara motivasi, respon dan partisipasi siswa terhadap keefektifan dan prestasi belajar.
15105000920 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain