Skripsi
BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA GAYA BAHASA METAFORA PADA NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci : bentuk, fungsi, makna gaya bahasa metafora, novel, pembelajaran sastra.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan bentuk, fungsi, dan makna gaya bahasa metafora dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye; (2) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah majas metafora yang terdapat dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik simak catat. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk gaya bahasa metafora yang terdapat pada Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye adalah gaya bahasa kelompok kata, gaya bahasa klausa dan gaya bahasa metafora kalimat; Fungsi gaya bahasa metafora yang terdapat pada Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye adalah fungsi informasi, fungsi ekspresif, fungsi direktif dan fungsi fatik; Makna gaya bahasa metafora yang terdapat pada Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye adalah makna konotatif, makna stilistik, makna afektif, makna reflektif dan makna kolokatif; (2) Analisis gaya bahasa metafora pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye bisa diimplikasikan dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA materi mengungkap gaya bahasa metafora dalam novel. Gaya bahasa metafora yang terdapat pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye yang dapat diambil manfaatnya sebagai sarana untuk menunjang pembelajaran sastra di sekolah. Analisis novel tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan dan memilih setiap karya sastra yang bermutu, yang layak diajarkan kepada siswa SMA.
Penelitian mengenai bentuk, fungsi dan makna gaya bahasa metafora dalam karya sastra dan implikasinya bagi pembelajaran peserta didik di SMA penting untuk dilakukan. Penelitian lanjutan dari penelitian ini perlu dikaitkan dengan membahasa aspek yang berbeda dan menambah khasanah ilmu bahasa Indonesia.
1515000740 | MOH b C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain