Skripsi
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs ASY-SYAFIYAAH JATIBARANGBREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar peserta didik, bagaimanakah tingkat kedisiplinan belajar peserta didik, apakah ada hubungan motivasi belajar dengan kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar dan tingkat kedisiplinan belajar peserta didik serta hubungan motivasi belajar dengan kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015?
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Asy-Syafiyyah Jatibarang Tahun 2014/2015 yang berjumlah 200 peserta didik, adapun sampel sejumlah 40 peserta didik. Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik Cluster Quota Random Sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah motivasi belajar (variabel bebas) dan disiplin belajar (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, rhitung sebesar 0.679 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 40 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel= 0,444 sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,679> 0,444). Karena rhitung lebih besar dari nilai r tabel, maka Hal ini berarti “ ada pengaruh yang signifikan Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Asy-Syafiyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 21014/2015.
Dengan Disiplin Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Asy-Syafiyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 21013/2014. Saran yang diajukan agar para pendidik selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam perubahan tingkah laku.
11105002490 | SOF h C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain