Skripsi
HUBUNGAN ANTARA POLA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS XI AP DAN AK SMK GONDANG KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Pola Interaksi Sosial, Perkembangan Emosional.
Pola Interaksi Sosial memiliki hubungan terhadap Perkembangan Emosional . Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pola interaksi sosial yang terjadi, bagaimana perkembangan emosional yang dialami, dan apakah ada hubungan antara pola interaksi sosial dengan perkembangan emosional pada peserta didik kelas XI AP dan AK SMK Gondang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola interaksi sosial dengan perkembangan emosional.Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI SMK Gondang Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 190 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster purposive random sampling dengan cara undian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah pola interaksi sosial (variabel bebas) dan perkembangan emosional (variabel terikat). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis korelasi PPM.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pola interaksi sosial pada peserta didik masuk dalam kriteria sedang yaitu sebanyak 30% dan perkembangan emosional pada peserta didik masuk kriteria cukup yaitu sebanyak 26,67%. Besar hubungan antara pola interaksi sosial dengan perkembangan emosional pada peserta didik adalah 5%. Dan diperoleh analisis korelasi atau rhitung sebesar 0,485 sedangkan nilai rtabel dengan responden sejumlah 30 adalah 0,361. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola interaksi sosial dengan perkembangan emosional pada peserta didik kelas XI SMK Gondang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan pola interaksi sosial dan perkembangan emosionalnya. Sehingga akan mendukung untuk memperoleh ilmu dengan baik, dan harapan serta tujuan yang baik bagi bangsa dan Negara tercapai.
11105002040 | SEN h C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain