Skripsi
STUDI KORELASI PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 01 TUMBAL KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, IPS
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pengelolaan kelas oleh guru dengan motivasi belajar IPS peserta didik kelas VI SD Negeri 01 Tumbal Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.
Hipotesis pada penelitian ini adalah Ada hubungan yang signifikan pengelolan kelas oleh guru dengan motivasi belajar IPS peserta didik kelas VI SD Negeri 01 Tumbal Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 01 Tumbal Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 32 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VI SD Negeri 01 Tumbal Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan cara Total Sampling. Teknik analisis data untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar IPS digunakan digunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan pengelolaan kelas oleh guru dengan motivasi belajar IPS peserta didik kelas VI SD Negeri 01 Tumbal Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji hipotesis, ternyata rxy > rtabel pada taraf signifikansi 1%. Selanjutnya harga rxy yang diperoleh dari perhitungan uji hipotesis, dikonsultasikan dengan harga rtabel pada N = 32 taraf signifikansi 1% sebesar 0,449. Hasilnya adalah rxy > rtabel pada taraf signifikansi 1% atau 0,813 > 0,449.
13105001420 | SIT s C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain