Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (SuatuPenelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Pengaruh, Kebiasaan Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar
Kebiasaan belajar adalah cara-cara yang ditempuh siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan tertentu yang dilaksanakan secara rutin sehingga menjadi suatu kebiasaan. Selain itu, Kondisi lingkungan sekolah yang merupakan lingkungan belajar siswa harus mampu menciptakan dorongan kepada siswa untuk belajar melalui sarana dan prasarana yang memadai, serta menjadi satu faktor yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk :(1) Mendeskripsikan ada atau tidak pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika.(2) mendeskripsikan ada atau tidak pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika.(3) mendeskripsikan ada atau tidak pengaruh positif kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dengan jumlah siswa 578 siswa yang terbagi dalam 17 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 4 kelas dengan jumlah keseluruhan sampel 133 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket yang diuji validitas dan reliabilitas dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi linear ganda.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Kebiasaan belajar memiliki pengaruh sebesar 7,5 % terhadap prestasi belajar matematika. (2) Lingkungn sekolah memiliki pengaruh sebesar 3,1 % terhadap prestasi belajar matematika. 3) Kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh sebesar 8,2 % terhadap prestasi belajar matematika. 4) Siswa yang memiliki penilaian tinggi terhadap kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dapat mengakibatkan prestasi belajar matematikanya cenderung lebih baik. Pengaruhnya sangat kecil karena beberapa faktor di antaranya penggunaan angket yang menggunakan angket positip dan angket negatif.
17105001110 | SUN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain