Penelitian
Kesulitan Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi ditinjau dari Taksonomi Bloom pada Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi Univesitas Pancasakti Tegal
A.Roni Yulianto, Fikri Aulia, Wikan Budi Utami, 2015. Kesulitan Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi ditinjau dari Taksonomi Bloom pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal Mahasiswa S1. Laporan Penelitian. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Mata Kuliah Matematika Ekonomi, Taksonomi Bloom.
Mata kuliah matematika ekonomi adalah salah satu mata kuliah yang disiapkan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi sebagai bekal mahasiswa untuk kepentingan di masa yang akan datang. Dalam pelaksanaan mata kuliah tersebut, mahasiswa sering mendapati kendala, bisa dilihat dengan nilai akhir yang kurang memuaskan. Taksonomi bloom merupakan konsep yang mengklasifikasikan tujuan pendidikan dalam tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah kognitif meliputi fungsi memproses informasi, pengetahuan dan keahlian mentalitas. Ranah afektif meliputi fungsi yang berkaitan dengan sikap dan perasaan. Sedangkan ranah psikomotorik berkaitan dengan fungsi manipulative dan kemampuan fisik.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dihadapi mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi, (2) Untuk mengetahui penerapan taksonomi bloom yang telah direvisi dalam menganalisis kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal semester I tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 62 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IA dan IB. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2014 sampai Februari 2015. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket.
Hasil temuan pada penelitian ini adalah : (1) pada aspek kognitif Rerata nilai akhinya adalah 52.49, nilai ini termasuk dalam kategori kurang. (2) pada aspek afektif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah matematika ekonomi, peneliti mendapatkan hasil bahwa sikap mahasiswa dinilai baik. Aspek afektif yang diteliti adalah aspek penerimaan, responsif, nilai yang dianut, organisasi, dan karakterisasi.(3)pada aspek psikomotor, peneliti menyatakan keaktifan mahasiswa secara umum cukup baik. Implikasi dari hasi penelitian ini : (1)Dosen pengajar di dalam perkuliahan sebaiknya memperhatikan aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara benar, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan (kompetensi) yang seimbang.(2)dalam proses pembelajaran diharapkan dosen memperhatikan umpan balik yang tampak dari perilaku mahasiswa, sehingga kesulitan belajar mahasiswa dapat terdeteksi sejak dini. (3)Dosen pengajar perlu mempersiapkan rencana pembelajaran sebelum menyajikan materi perkuliahan, dosen juga perlu mempersiapkan rancangan evaluasi pembelajaran guna menganalisis pelaksanaan proses perkuliahan dan hasil pembelajaran yang dicapai para mahasiswa.
7822015PEN | 330.0151 RON k C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain