Buku
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Suatu kebahagian tersendiri , akhirnya penulis dapat menyusun buku yang bertujuan sebagai pengantar para pemerhati pendidikan untuk menguasai konsep-konsep dasar penilaian pendidikan. Sesuai dengan tujuanya, buku ini disusun cukup komprehensif walaupun pemaparan konseptualnya belum maksimal.
Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh pemberlakuan kebijakan pemerintah dalam evaluasi pendidikan di sekolah yang berbasis pada kompetensi sehingga pengembangan metode penilaian hasil belajar harus berorientasi pada penilaian yang beracuan patokan (criterion referenced measurement) . Teori tes yang berbasis pada penilaian beracuan patokan relatif masih muda dan sedang dibangun , berbeda dengan teori tes yang berbasis pada penilaian beracuan norma yang telah mantap secara metodologi. Buku ini setidaknya memberikan eksplorasi yang lebih luas pada jenis kompetensi yang dapat diukur dalam penilaian pendidikan, penulisan butir tes yang mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi dan aspek-aspek dari kesalahan pengukuran pendidikan. Beberapa materi juga telah disesuaikan dengan pedoman yang dikeluarkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam penyusunan tes hasil belajar.
Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya terhadap para guru penulis di tingkat S2 maupun S3, terutama Prof Djemari Mardapi, PhD, Prof Kumaidi, PhD, Prof Suryanto, Ed.D, Nonny Swediati, Ed.D dan Bastari, Ed.D. Semoga mereka tetap mempunyai komitmen yang tinggi dalam mengembangkan ilmu evaluasi di Indonesia demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Terimakasih saya sampaikan pula kepada teman-teman dosen di Program Studi Pendidikan Matematika UPS Tegal, yang selalu memberikan motivasi berkarya kepada penulis dan seluruh Civitas Akademika UPS Tercinta. Penulis menunggu saran dari pengguna maupun pemerhati ilmu evaluasi untuk karya yang lebih sempurna.
Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia
Tegal, Oktober 2013
Dr Purwo Susongko, MPd
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL �������������������.. i
KATA PENGANTAR��..................................................................... ii
DAFTAR ISI ............................................................................... iii
BAB I : HASIL BELAJAR����..................................... 1
A. Ranah Kognitif......................................................... 1 B. Ranah Afektif..���������������. 2
C. Ranah Psikomotor......................... ................................. 2
D. Spesifikasi Hasil Belajar................................................. 3
E. Pengetahuan dan Keterampilan....................................... 3
F. Prestasi Belajar dan Kemampuan.................................... 5
G. Jenis Pengetahuan........................................................... 6
H. Tipe-Tipe Perilaku Mental.............................................. 8
I. Tipe �Tipe Perilaku Mental Dalam Pembelajaran
Matematika�����������������..14
BAB II : KONSEP DASAR PENILAIAN �.................................. 16
A.Pengertian,Pengukuran,Penilaian dan evaluasi............... 16 B. Teknik Penilaian ���������������. 22
C. Acuan Patokan Dan Acuan Norma................................. 26
BAB III : PROSEDUR PENGEMBANGAN TES�����. .... 28
A. Menentukan Tujuan Penilaian ���....................... 29
B. Formulasi Tujuan Pembelajaran �....��...���. 29
C. Menentukan Spesifikasi Tes���������� 29
D. Menyusun Butir Tes.................................................... 32
E. Ujicoba dan Analisis Empirik Butir Tes..................... 32
F. Merakit Tes................................................................. 33
BAB IV : PENULISAN BUTIR TES DAN PENSKORAN.......... 35
A. Penulisan Butir Tes Pilihan Ganda ........................... 35
B. Penulisan Butir Tes Uraian......................................... 36
C. Penulisan Butir Tes Pilihan Ganda Yang Mengukur
Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi......................... 38
D. Penulisan Butir Tes Matematika Yang Mengukur
Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi......................... 41
E. Penskoran................................................................... 43
F. Prosedur Pemeriksaan Lembar Jawaban.................. 46
G. Penilaian Hasil Pengukuran........................ ................. 48
BAB V : PENULISAN BUTIR TES UNTUK MENGUKUR
ASPEK AFEKTIF��������������. 50
A. Pengertian Hasil Belajar Afektif............................... 50
B. Pengukuran Hasil Belajar Afektif............................. 52
C. Contoh Penulisan Butir Tes Yang Mengukur Hasil
Belajar Afektif.......................................................... 52
BAB VI : KRITERIA TES �������������.. 58
A Validitas............................................................... �� 58
B Reliabilitas................................................................. 63
C Analisis Butir Tes................................................... 72
.
DAFTAR PUSTAKA������....................................................... 77
7912015 | 370 PUR p C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain