Penelitian
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI C DAN J BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI LIMIT FUNGSI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BREBES
Seiring dengan kemajuan yang cukup pesat di bidang pendidikan, pembelajaran dengan konvensional berupa guru yang aktif sedangkan siswa pasif mendengarkan tanpa berbuat, sudah tidak lagi relevan dengan dunia pendidikan saat ini, strategi pembelajaran bermunculan guna merubah perilaku siswa yang pasif. Pembelajaran dengan strategi C dan J berbantuan CD pembelajaran penulis munculkan dalam penelitian ini, guna menambah serta melengkapi strategi yang telah ada.
Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 sebagai berikut:
Siklus I dengan materi Bilangan Bulat “Pengertian limit fungsi” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 74,2%, keterampilan proses 75,4% dan hasil belajar 64,4%. Dilanjutkan Siklus II dengan materi “sifat limit fungsi” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 78,2%, keterampilan proses 79,2% dan hasil belajar 72,4%. Kemudian pada siklus III dengan materi ” Limit fungsi bentuk tak tentu” diperoleh rata-rata nilai keaktifan79,2%, keterampilan proses 78,9% dan hasil belajar 76,2%, sehingga dari data ke tiga siklus tersebut di atas terjadi peningkatan nilai yang signifikan.
Dari hasil yang telah dicapai pada siklus I, II, dan siklus III, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi C dan J berbantuan CD pembelajaran dalam pembelajaran Limit fungsi dapat meningkatkan keaktifan, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa, sehingga strategi C dan J berbantuan CD pembelajaran dapat menjadi salah satu referensi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar khususnya untuk mengubah pembelajaran yang tadinya siswa pasif menjadi aktif dalam pembelajaran materi Limit fungsi tingkat SMA.
7912015PEN | 510 PUR m C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain