Prosiding
Prosiding Seminar Nasional Enterpreneurship dan Profesionalitas Guru di Era MEA
Kemampuan pengembangan diri guru sebagai salah satu kemampuan profesionalisme guru merupakan kemampuan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya dalam lapangan pendidikan yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kemampuan pengembangan diri guru dalam proses pembelajaran terhadap tertundanya kepangkatan guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, mengetahui besarnya pengaruh motivasi guru terhadap tertundanya kepangkatan guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, mengetahui besarnya pengaruh kemampuan pengembangan diri guru dalam proses pembelajaran dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap tertundanya kepangkatan guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Populasi penelitian adalah guru SD yang berstatus pegawai negeri sipil dengan pangkat/ golongan IV/a berjumlah 166 orang guru dan IV/b yang berjumlah 2 orang guru. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebesar 42 orang guru yaitu 40 orang dengan pangkat IV/a dan 2 orang dengan pangkat IV/b. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan alat statistik, yaitu uji F untuk mengetahui secara keseluruhan pengaruh dari semua variabel independent secara simultan terhadap variabel dependent. Hasil penelitian dapat dilihat dari uji ANOVA atau F test, diperoleh F hitung sebesar 134,659 dengan tingkat probabilitas 0.000 (signifikansi), karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0,01, maka model regresi dapat dikatakan bahwa independent variable yaitu kemampuan pengembangan diri guru dan motivasi guru secara simultan berpengaruh terhadap tertundanya kepangkatan guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.
Kata kunci : pengembangan diri, motivasi guru, kepangkatan
712015PRO | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain