Skripsi
STUDI KORELASI TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-AZHAR TUWEL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
RIZQIYATUZZAMZAMI. 2015. ”Studi Korelasi Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Azhar Tuwel Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1: Drs. Budiyono
Pembimbing 2: Dr. Yayat Hidayat Amir,M.Pd
Kata Kunci : Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara tingkat sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Tuwel.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ”Apakah terdapat korelasi antara tingkat sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Tuwel Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Tuwel sebanyak 315 siswa sedangkan yang menjadi sampel adalah 30 siswa yang di ambil secara Random. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam menguji hipotesis, digunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi r ( hitung ) sebesar = 0,646, kemudian dikonsultasikan dengan r ( tabel ) product moment dengan jumlah N = 30 dengan taraf signifikan 5% diperoleh r ( tabel ) = 0,361. Oleh karena r (hitung) > r (tabel) pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat korelasi antara tingkat sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTs Al- Azhar Tuwel Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian maka di sarankan kepada siswa untuk lebih memotivasi diri sendiri dengan belajar lebih giat dan rajin agar dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi. Pihak orang tua disarankan untuk membimbing, memotivasi, dan menciptakan lingkungan belajar yang baik kepada anak agar hasil belajar yang diperoleh lebih memuaskan. Pihak sekolah diharapkan untuk memberikan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu akan tetapi memiliki prestasi yang baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan fasilitas belajarnya.
13115000720 | RIZ s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain