Skripsi
PROFIL PEMBELAJARAN PROGRAM LIFE SKILLS PADA SISWA KELAS X SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Dahlan, Yeni.2015 NPM 1311500075.”Profil Pembelajaran Progam Life Skills Pada Siswa Kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas pancasakti tegal. Pembimbing 1 Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. pembimbing II Drs. Budiyono.
Kata Kunci: Pembelajaran, Program Life Skills
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran program life skills pada siswa kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa hasil wawancara terhadap guru life skills dan siswa kelas X, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi proses pembelajaran program life skills.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran program life skills pada siswa kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal 93,5% sudah berhasil. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai ketuntasan siswa dari masing-masing jenis life skills yang diikuti. Berdasarkan data yang diperoleh sebanyak 93,5% atau 145 siswa kelas X telah mencapai nilai tuntas dan 6,5% atau 10 siswa belum mencapai nilai tuntas. Adapun target yang ingin dicapai dari pembelajaran program life skills yaitu menciptakan siswa yang cerdas, kreatif dan inovatif serta dapat menciptakan lulusan yang berkualitas baik dalam hal pengetahuan, akhlak dan ketrampilan. Program life skills yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Kota Tegal antara lain, broadcasting, cinematika,desain grafis, drumband, maintenance komputer, tata boga, tata busana dan sablon. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran program life skills yaitu guru, siswa, iklim sosial dan sarana prsarana.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran program life skills. Pihak guru disarankan untuk lebih menguasai keahliannya sehingga dalam menyampaikan materi dapat diterima dengan baik oleh siswanya. Pihak sekolah disarankan untuk memilih guru yang berkompeten dalam bidang pendidikan agar dapat mendidik dengan profesional.
13115000750 | DAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain