Skripsi
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BELAJAR KELOMPOK TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VII SMP NEGERI 1 LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
PURWANTO. DEDI. 2015. NPM. 1211500003. “Hubungan Komunikasi Interpersonal dalam Belajar Kelompok terhadap Tingkat Partisipasi Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Progran Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Wahyu Jati Kusuma, S.H,.M.H. Pembimbing II Drs. Nurcholis,M.Pd
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Partisipasi
Rumusan masalah penelitian (1) bagaimanakah komunikasi interpersonal dalam belajar kelompok siswa, (2) bagimanakah tingkat partisipasi siswa, (3) apakah ada hubungan antara komunikasi interpersonal dalam belajar kelompok dengan tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 1
Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan komunikasi interpersonal dalam belajar kelompok, (2) mendiskripsikan tingkat partisipasi siswa, (3) mendiskripsikan hubungan antara komunikasi interpersonal dalam belajar kelompok dengan tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Sampel penelitian berjumlah 40 siswa, pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan skala likert, di uji validitas dan realibilitas angket dengan 25 responden. analisis data kuantitatif menggunakan korelasi product moment pearson.
Komunikasi interpersonal dalam belajar kelompok pada mata pelajaran PKn dari 40 responden secara kuantitatif di peroleh 6 siswa di nyatakan memiliki respon terhadap komunikasi interpersonal dengan kategori rendah. 3 siswa memiliki respon dengan kategori sedang. 14 siswa memiliki respon dengan kategori cukup. 13 siswa di nyatakan memiliki respon kategori tinggi. Sisanya 4 responden (peserta didik) memiliki respon terhadap komunikasi interpersonal dengan kategori sangat tinggi. 2. Tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran PKn diketahui 7 siswa memiliki respon kategori rendah. 9 siswa memiliki respon kategori sedang. 13 siswa dengan kategori cukup. 10 memiliki respon kategori tinggi. 1 siswa memiliki respon terhadap tingkat partisipasi siswa dengan kategori sangat tinggi. Hubungan antara komunikasi interpersonal dalam belajar kelompok dengan tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran PKn adalah positif dan sedang. Nilai t = 4,305 dengan N=40 taraf kebebasan ( α) 0,01% = 2,423. Karena t hitung > t tabel yaitu 4,305 > 2,423 maka hipotesis ada hubungan antara komunikasi interpersonal dalam belajar kelompok dengan tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran PKn, terbukti secara empiris.
12115000030 | DED h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain