Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi
YULIANTO, TRISNA. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Avhivement Division ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si.
Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si,M.Pd.
Kata Kunci : keefektifan, model pembelajaran STAD, kecerdasan interpersonal, prestasi belajara matematika.
Sebagian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Adiwerna memiliki prestasi belajar matematika di bawah KKM. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran STAD mencapai target (2)adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan konvensional (3)prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan model konvensional pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi maupun rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Adiwerna tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sample dan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen, 2 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket dan tes prestasi dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, RAK dan uji t satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan:(1)prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran STAD mencapai target (2)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran STAD dengan konvensional (3)prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan model konvensional pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi maupun rendah.
17115000410 | YUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain