Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DISERTAI MUSIK KLASIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok )
MUKHLISOH, SITI. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) disertai Musik Klasik terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si ;
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si
Kata Kunci: Keefektifan, Model pembelajaran TS-TS, Musik klasik, Prestasi belajar matematika
Prestasi belajar matematika di SMP N 5 Adiwerna masih tergolong rendah. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Maka dilakukan suatu penelitian tentang keefektifan model pembelajaran TS-TS disertai musik klasik terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TS-TS disertai musik kasik melampaui 75% siswa yang nilainya mencapai KKM. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TS-TS disertai musik klasik lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Adiwerna tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 311 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi pihak kanan dan uji t pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TS-TS disertai musik kasik pada sub pokok bahasan kubus dan balok melampaui 75% siswa yang nilainya mencapai KKM. (2) Prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan kubus dan balok yang diajar menggunakan model pembelajaran TS-TS disertai musik klasik lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran TS-TS disertai musik klasik efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa selama guru dapat mengontrol atau mengendalikan suasana kelas tetap tertib.
17115000370 | MUK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain