Skripsi
ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN MATEMATIKA SMP (Studi Analisis Dokumenter Kurikulum Pendidikan Matematika yang Berlaku di Indonesia dari 1964-2013)
MAFTUKHA, ANIS . 2015. Analisis Kurikulum Pendidikan Matematika SMP (Studi Analisis Dokumenter Kurikulum Pendidikan Matematika yang Berlaku di Indonesia dari 1964-2013). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd
Pembimbing II Munadi, M.Si
Kata Kunci : Analisis, Kurikulum, Matematika, SMP
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui materi matematika SMP yang tidak diajarkan kembali pada kurikulum 2013 dibandingkan kurikulum sebelumnya. (2) Untuk mengkaji secara mendalam tentang perubahan-perubahan materi matematika pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Studi dokumentasi dilakukan pada dokumen-dokumen kurikulum matematika SMP dari tahun 1964 sampai dengan tahun 2013. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan mereduksi data, menyajikan data dalam tabel sampai dengan memverifikasi data tersebut/ menarik sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Setidaknya sampai dengan kurikulum 2013 diberlakukan terdapat sekitar 11 pokok bahasan matematika yang tidak diajarkan lagi dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya (1964, 1975, 1984, 1994, 2004, dan 2006). Materi-materi yang tidak tercantum pada kurikulum 2013 antara lain: ciri-ciri habis dibagi, pembagian istimewa, segi banyak, mengubah dan membagi bangun, memperkalikan bangun, bilangan jam, lambang bilangan berbagai basis, diagram alir, vektor, trigonometri dan logaritma (2) materi matematika SMP dari tahun 1964 sampai dengan tahun 2013 mengalami pengurangan sebanyak 21 pokok bahasan.
17115001030 | MAF a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain