Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Randudongkal Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015)
WULANDARI, NOVI INDAH. 2015. Skripsi. Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Randudongkal Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015). Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponohardjo, M.Pd. Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi, W, M.Pd
Kata Kunci : Learning Cycle, Prestasi Belajar
Pola pendidikan konvensional (teacher center) cenderung menghasilkan para lulusan yang kurang kompeten dalam menjawab tantangan global yang semakin berorientasi pada sains dan teknologi. Dalam pembelajaran, guru lebih banyak mengajarkan tentang konsep-konsep tetapi bukan kompetensi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle dan yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan tinggi yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 3) prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan rendah yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle tidak lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Pupulasi dalam penelitian ini sebanyak 5 kelas sebanyak 190 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas terdapat 40 peserta didik dan 1 kelas terdapat 30 peserta didik. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditetapkan 3 kelas yaitu 2 kelas untuk sampel eksperimen sebanyak 80 peserta didik dan 2 kelas untuk sampel kontrol sebanyak 80 peserta didik dan 1 kelas untuk ujicoba sebanyak 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran Learning cycle dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Prestasi belajar matematika yang mempunyai keaktifan tinggi yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 3) Prestasi belajar matematika yang mempunyai keaktifan rendah yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle tidak lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kepada Guru matematika, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika.
17115000790 | WUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain