Skripsi
KONTRIBUSI MOTIVASI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Kausal Komparatif di MTs Kelas VIII Semester II se-Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014)
MALIKHATUN. 2015. “Kontribusi Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian di MTs Kelas VIII Semester II se-Kecamatan Jatibarang Tahun Pelajaran 2013 / 2014)” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd
Pembimbing II A.Nina Rosana C., M.Si
Kata Kunci : Kontribusi, Motivasi, Status Sosial Ekonomi Orang tua, Prestasi Belajar Matematika.
Motivasi dan status sosial ekonomi orang tua merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II MTs se-Kecamatan Jatibarang Tahun Pelajaran 2013 / 2014).(2) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II MTs se-Kecamatan Jatibarang Tahun Pelajaran 2013/2014.(3) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II MTs se-Kecamatan Jatibarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik MTs se-Kecamatan Jatibarang dengan sampel adalah kelas VIII. Jumlah anggota populasi sebanyak 176 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 115 peserta didik dengan cara teknik Proporsional Random Sampling. Data motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh melalui dokumentasi hasil ulangan tengah semester. Teknik analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji analisis jalur. Sebelumnya diuji dengan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kontribusi motivasi ( ) terhadap prestasi belajar matematika (Y) signifikan sebesar 68,5% pada peserta didik MTs kelas VIII semester II se-Kecamatan Jatibarang. (2) kontribusi status sosial ekonomi orang tua ( ) terhadap prestasi belajar matematika (Y) signifikan sebesar 34,9 % pada peserta didik MTs kelas VIII semester II se-Kecamatan Jatibarang. (3) kontribusi motivasi ( ) dan status sosial ekonomi orang tua ( ) terhadap prestasi belajar matematika (Y) signifikan sebesar 92,76 % pada peserta didik MTs kelas VIII semester II se-Kecamatan Jatibarang.
17115001430 | MAL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain