Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS BALOK (Studi Eksperimen dengan Variabel Kovariat IQ pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
WIDYANINGRUM, SRI DEVI. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Komunikasi Interaktif dengan Bantuan Macromedia Flash terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Kubus Balok (Studi Eksperimen dengan Variabel Kovariat IQ pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 4 TegalTahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I. Munadi, M. Si
Pembimbing II. Dr. Purwo Susongko, M. Pd
Kata Kunci : keefektifan, model pembelajaran, komunikasi ineraktif, macromedia flash, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan perbedaan keefektifan antara model pembelajaran komunikasi interaktif dengan bantuan macromedia flash dan model pembelajaran komunikasi interaktif tanpa bantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar matematika pada materi kubus balok dengan mengontrol IQ.(2)mendeskripsikan perbedaan keefektifan antara model pembelajaran komunikasi interaktif dengan bantuan macromedia flash dan model pembelajaran komunikasi interaktif tanpa bantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar matematika pada materi kubus balok tanpa mengontrol IQ.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji anakova dan uji t dua pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan keefektifan antara model pembelajaran komunikasi interaktif dengan bantuan macromedia flash dan model pembelajaran komunikasi interaktif tanpa bantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar matematika pada materi kubus balok dengan mengontrol IQ. (2) ada perbedaan keefektifan antara model pembelajaran komunikasi interaktif dengan bantuan macromedia flash dan model pembelajaran komunikasi interaktif tanpa bantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar matematika pada materi kubus balok tanpa mengontrol IQ.
17115001260 | WID k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain