Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI INTELIGENSI SISWA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Statistika dan Peluang Empirik)
DINIATI, DESY. 2015 “Efektivitas Model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Inteligensi Siswa (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Statistika dan Peluang Empirik)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.;
Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd.
Kata kunci : numbered heads together (NHT) berbasis saintifik, ekspositori, tingkat inteligensi, prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan model pembelajaran NHT berbasis saintifik dengan siswa yang diajarkan metode ekspositori, (2) mendeskripsikan manakah yang lebih baik antara pembelajaran menggunakan model NHT berbasis saintifik dengan metode ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari tingkat inteligensi di atas rata-rata. (3) mendeskripsikan manakah yang lebih baik antara pembelajaran menggunakan model NHT berbasis saintifik dengan metode ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari tingkat inteligensi rata-rata.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 192 siswa. Uji prasyaratnya menggunakan uji Liliefors untuk uji normalitas, uji Bartlet untuk uji homogenitas dan uji anava satu arah untuk uji kesetaraan sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen sejumlah 64 siswa dan kelas VII C dan VII D sebagai kelas kontrol sejumlah 63 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dan uji lanjut Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan model pembelajaran NHT berbasis saintifik dengan siswa yang diajarkan dengan metode ekspositori, (2) prestasi belajar matematika yang menggunakan model NHT berbasis saintifik lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori ditinjau dari tingkat inteligensi di atas rata-rata, (3) prestasi belajar matematika yang menggunakan metode ekspositori tidak lebih baik atau sama dengan menggunakan model NHT berbasis saintifik ditinjau dari tingkat inteligensi rata-rata.
17115000600 | DIN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain